Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI SUBORDINATIF PADA KARANGAN NARASI PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS XI MAN 4 KAMPAR

RINI OSI PURWANTI, - (2023) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI SUBORDINATIF PADA KARANGAN NARASI PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS XI MAN 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

RINI OSI PURWANTI (2023) : ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KONJUNGSI SUBORDINATIF PADA KARANGAN NARASI PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS XI MAN 4 KAMPAR Latar belakang penelitian ini yaitu saat siswa menulis karangan masih banyak terjadi kesalahan dalam menggunakan konjungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi subordinatif serta mengidentifikasi dan menjelaskan kesalahan penggunaan konjungsi subordinatif pada karangan narasi siswa dan untuk mengetahui penyebab kesalahan berbahasa pada penulisan karangan narasi pengalaman pribadi siswa kelas XI MAN 4 Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan sintaksis khususnya konjungsi subordinatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah karangan narasi pengalaman pribadi siswa kelas XI MAN 4 Kampar. Data pada penelitian ini berupa kalimat yang mengandung konjungsi subordinatif yang diambil dari 30 karangan siswa. Dari hasil dari analisis data, peneliti memperoleh penggunaan konjungsi subordinatif yang digunakan siswa dalam karangan mereka sebanyak 26 konjungsi subordinatif. Kesalahan penggunaan konjungsi subordinatif yang salah penggunaannya yaitu sebanyak 19 kesalahan. Penyebab kesalahan berbahasa yaitu kurangnya motivasi siswa dalam menulis juga menjadi penyebab terjadinya kesalahan berbahasa saat siswa membuat karangan, terpengaruh oleh bahasa yang lebih dulu dikuasainya, kurangnya materi yang diajarkan guru dalam membuat karangan yang baik dan benar juga menjadi penyebab siswa masih banyak kesalahan berbahasa dalam membuat karangan. Kata kunci: Konjungsi Subordinatif, Karangan, Kesalahan Berbahasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:58
Last Modified: 23 Jun 2023 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72042

Actions (login required)

View Item View Item