Elia Rahmayanti (2015) PELAKSANAAN KLAIM GARANSI PADA PT. ADIRA CABANG BANGKINANG (STUDI KASUS PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN KENDARAAN RODA DUA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Garansi itu terjadi akibat adanya perjanjian jual beli atau setelah terjadinya jual beli baru adanya garansi. Jelas kiranya garansi bentuk perjanjian tambahan yang mengiringi bentuk perjanjian pokok yaitu jual beli kendaraan bermotor roda dua merek Yamaha. Kegiatan jual beli kendaraan bermotor roda dua merek Yamaha oleh marketing PT. Adira Cabang Bangkinang di Kabupaten Kampar, maka akan dapat menimbulkan hak dan kewajiban para pihak. Adapun kewajiban bagi pihak penjual mempunyai kewajiban yang utama berupa menyerahkan barang yang di jualnya yang (kendaraan bermotor roda dua merek Yamaha) kepada pembeli, menanggung cacat yang tersembunyi atas penjualan barang berupa sepeda motor roda dua merek honda dan melaksanakan pemberian garansi kepada pembeli sesuai yang tercantum dalam buku garansi. Adapun hak-hak penjual yaitu penjual berhak mendapat prestasi dari pembeli, di mana berupa uang pembayaran kendaraan bermotor roda dua merek yamaha sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam perjanjian sebelumnya, penjual berhak menolak memberikan pelayanan garansi karena alasan-alasan menunjang, penjual berhak mendapatkan prestasi dari pembeli guna mengurus surat menyurat baik berupa (STNK, BPKB maupun plat kendaraan dan balik nama). Maka judul penelitian ini adalah; “Pelaksanaan Klaim Gransi pada PT. Adira Cabang Bangkinang (Studi Kasus pada Perjanjian Pembiayaan Kendaraan Roda Dua)”. Adapun sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif dan jenis penelitian ini tergolong pada observasional research dengan cara survey. Penelitian ini dilakukan di PT. Adira cabang Bangkinang yang terletak dijalan Tengku Umar No 45 B, Kecamatan Bangkinang. Sumber data penelitian ini berupa Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder, Bahan Hukum Tersier. Populasi dan sampel dalam ini berjumlah 23 orang. Alat Pengumpul Data berupa Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisa Data adalah deskriptif analisis dengan pendekatan komperatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Setiap pembelian motor Yamaha melalui PT. Adira cabang Bangkinang konsumen mendapatkan buku garansi, untuk melakukan klaim konsumen tidak mesti langsung mengklaim ke PT. Adira Cabang Bangkinang, namun konsumen cukup mendatangi bengkel resmi Yamaha, karena pihak perusahaan Adira telah melakukan kerjasama dengan setiap bengkel resmi Yamaha untuk melakukan klaim servis, atau pergatian sperpart selama masih dalam masa garansi, jika kerusakan itu dari awal atau dari pihak PT. Adira maka klaim langsung diajukan kepada pihak perusahaan. Perusahaan hanya bertanggungjawab sesuai dengan garansi yang telah ditentukan sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Jika kerusakan terjadi ditangan konsumen atau konsumen melakukan modifikasi maka pihak perusahaan tidak bertanggungjawab atas kerusakan tersebut. Tidak ada kendala yang berarti dalam memberikan garansi terhadap konsumen, karena garansi yang berikan hanya untuk servis, ganti oli, serta pergantian sperpart secara cuma-cuma kepada responden, garansi yang diberikan oleh pihak adira tidak pada suku cadang atau kerusakan berat, klaim yang ajukan oleh konsumen selama ini kerena ketidak tahuan mereka terhadap apa saja garansi terhadap kenderaan mereka. Penyelesaian kendala dalam klaim garansi kenderaan bermotor di PT. Adira cabang Bangkinang dilakukan dengan cara kekeluargaan, tidak melalui jalur hukum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 10 Sep 2016 19:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2016 19:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7154 |
Actions (login required)
View Item |