FADHILAH FAJRI LUBIS, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Fadhilah Fajri Lubis, (2023) : Pengaruh Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP/MTs Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan non equivalent posttest only control group design. Sampel penelitian ini dipilih secara purposive, yaitu siswa kelas IX.7 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IX.8 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal posttest, lembar observasi dan dokumentasi. Data rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelompok eksperimen lebih baik dibanding kelompok kontrol. Artinya, pembelajaran RME berbasis etnomatematika memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. RME berbasis etnomatematika dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Transformasi Geometri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:35 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71491 |
Actions (login required)
View Item |