DESMIRA MAHARANI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Desmira Maharani, (2023): Pengaruh Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs. Fakta dilapangan menunjukkan masih rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Hal tersebut mendorong peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran yang menerapkan model Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran RME berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent posttest-only control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IXA dan IXB SMP IT AlFityah Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan uji mann whitney u menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran yang menerapkan RME berbasis etnomatematika. Pembelajaran RME berbasis etnomatematika dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Transformasi Geometri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:34 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71489 |
Actions (login required)
View Item |