Sri Zuliana, Sri (2023) KOMUNIKASI PEMASARAN AKUN INSTAGRAM @TEMBILAHAN.KULINER SEBAGAI MEDIA PAID PROMOTE UMKM DI KOTA TEMBILAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi membuat semakin beragamnya cara promosi. Salah satunya paid promote merupakan jenis layanan promosi. Pada akun Instagram @tembilahan.kuliner memanfaatkan paid promote dalam membantu UMKM di kota Tembilahan khususnya dibidang kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang digunakan pada akun Instagram @tembilahan.kuliner sebagai media paid promote UMKM di kota Tembilahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi (gabungan). Informan penelitian ini adalah pemilik akun, konsumen, dan followers akun Instagram @tembilahan.kuiner. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa akun Instagram @tembilahan,kuliner menggunakan komunikasi pemasaran (Promotion mix) yaitu 1) Iklan seperti pembuatan poster dan video yang dibagikan di feed Instagram @tembilahan.kuliner, 2) Penjualan personal dilakukan melalui via chat dengan memberikan informasi mengenai sistem paid promote, list harga serta transaksi pembayaran hingga selesai, 3) Promosi penjualan pada akun Instagram @tembilahan.kuliner yaitu dengan mengadakan giveaway, memberikan potongan harga dan free posting produk pada hari-hari tertentu 4) Hubungan masyarakat/publisitas yaitu dengan mengadakan Festival Food Kuliner dan juga berpartisipasi dalam kegiatan Car Free Day (CFD), 5) Pemasaran langsung yang dilakukan melalui Direct Massege (DM) dan juga melalui via Whatsapp dalam bertransaksi. Komunikasi pemasaran dengan Promotion Mix yang dilakukan berhasil meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan jasa paid promote yang telah disediakan oleh akun Instagram @tembilahan.kuliner. Dengan meningkatnya minat dari konsumen, dapat membantu mempromosikan UMKM di kota Tembilahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Instagram, Paid Promote, UMKM |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:30 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71375 |
Actions (login required)
View Item |