Tika Anugrah, Tika (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PRODUK ”MENANTEA” MALL SKA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi yang efektif dalam kegiatan pemasaran dapat menginformasikan dan membuat konsumen potensial menyadari atas keberadaan produk yang ditawarkan, sehingga pada akhirnya membantu perusahaan mencapai terjadinya proses pembelian. Brand loyalty merupakan usaha perusahaan menjaga produk atau layanan tertentu guna memelihara kesetian pelanggan. Produk Menantea memiliki brand ambassador dalam mempromosikan produk yaitu Jerome Polin sebagai influencer dikarenakan perkembangan teknologi informasi modern yang sudah merajalela dibuktikan dengan influencer media sosial yang memiliki pengaruh besar dalam peningkatan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mencari tahu bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap loyalitas merek produk Menantea Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain metode penelitian kuantitatif dengan populasi 1.500 pengunjung. Dari jumlah populasi tersebut ditarik sampel minimal 75 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sikap. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi Pemasaran dipengaruhi oleh indikator personal selling (372), sales promotion (370), internet marketing (366), advertising (364), direct selling (353), dan public relation (343). Brand Royalty dipengaruhi oleh indikator emotional loyalty (343), dan cognitif loyalty (325) Komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan positif secara parsial terhadap Brand Royalty, terbukti nilai thitung sebesar 14,995 > t tabel 1,984 dan signifikansi 0.000 < 0,05. Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 0,696 artinya adalah sebesar 69,6% variabel brand royalty (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel X (komunikasi pemasaran).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pemasaran, brand loyalty, menantea |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:08 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71141 |
Actions (login required)
View Item |