Widia Murti, - (2023) Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Tiktok Tehadap Minat Beli pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
Abstract
ABSTRAK Widia Murti (2023) : Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Tiktok Tehadap Minat Beli pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi karena semakin pesatnya perkembangan internet salah satu aplikasi yang sedang populer saat ini terutama pada saat pendemi covid19 adalah media sosial yang disebut dengan Tiktok. Tiktok menjadi tempat berbagai konten yang bervariasi baik itu berupa video, musik, tarian, nyanyian, serta hal lain yang merupakan aktivitas para pengguna Tiktok dengan banyaknya pengguna Tiktok saat ini terbuka juga peluang sarana promosi yang memberikan invormasi dan tidak memerlukan biaya yang tinggi, tenaga yang banyak serta dapat dilakuykan dengan waktu yang singkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh promosi melalui media sosial Tiktok terhadap Minat Beli pada mahasiswa ekonomi syariah, dan bagaimana pengaruh promosi media sosial Tiktok terhadap keinginan membeli oleh mahasiswa menurut perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer kuesioner dan sumber data sekunder yang relevan dengan penelitian. Dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang mahasiswa jurusan ekonomi syariah UIN Suska Riau. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dan teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Aplikasi TikTok berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa Ekonomi Syariah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai t sebesar 2,442 lebih besar dari t Tabel hitung 1,292 dan mempunyai signifikan 0,017 < 0,05 yang berarti Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Peneliti menemukan bahwa promosi media sosial Tiktok melalui video-video sangat efektif dalam mempengaruhi pengikut atau followers untuk melakukan keputusan pembelian suatu produk. Promosi Melalui Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh X secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,017 < 0,05 dan nilai F hitung 5,962, > F 2,37, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti terdapat pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Tiktok secara simultan terhadap minat beli mahasiswa ekonomi syariah. Tabel Kata Kunci : Promosi, Media Sosial Tiktok, Minat Beli
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 22 May 2023 05:22 |
Last Modified: | 22 May 2023 05:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71009 |
Actions (login required)
View Item |