Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONCEPT

SYA’ADAH ALNUR, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONCEPT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sya’adah Alnur, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa ditinjau dari Self Concept Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari self concept. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 3 Kampar dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t, anova dua arah, dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran MID dan konvensional; (2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang memiliki self concept tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self concept terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; (4) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran MID lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran MID berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, namun interaksi antara model pembelajaran dengan self concept tidak berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Kemampuan Koneksi Matematis, Self Concept.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2023 06:14
Last Modified: 17 May 2023 06:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70917

Actions (login required)

View Item View Item