MULYANI, - (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS INTEGRASI SAIN DAN ISLAM PADA KELAS X MADRASAH ALIYAH DI KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
MULYANI - 9. DISERTASI BAB I, II, III DAN V...pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
MULYANI - 9. DISERTASI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mulyani (2022) : Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Integrasi Sains dan Islam pada Kelas X Madrasah Aliyah di Kota Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan menyediakan buku ajar biologi integrasi sains dan Islam pada kelas X Madrasah Aliyah. Pengembangan buku ajar ini dilatarbelakangi karena belum adanya buku ajar di kelas X madrasah yang memuat nilai-nilai Islam atau dengan kata lain belum muncul integrasi sains dan Islam sedangkan dalam kurikulum 2013 mengisyaratkan adanya integrasi ilmu khususnya sains dan Islam, sehingga materi pelajaran yang disampaikan kepada peserta didik belum mampu memfasilitasi empat Kompetensi Inti (KI) yang diamanatkan dalam kurikulum 2013 sehingga hasil belajar belajar yang capai peserta didik juga belum memenuhi kompetensi yang diharapkan. Perlu adanya buku ajar yang diharapkan mampu menfasilitasi kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum 2013. Dengan adanya buku ajar integrasi sains dan Islam diharapkan tujuan pembelajaran biologi yang sejalan dengan tujuan pendididkan Islam dan sejalan juga dengan tujuan pendidikan nasional yang tentunya juga menjadi tujuan penciptaan manusia di muka bumi ini yaitu menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa, berilmu, berakhlak mulia, mandiri dan kreatif dapat dicapai. Oleh karena itu peneliti melakukan pengembangan buku ajar biologi integrasi sains dan Islam pada kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian pengembangan ini model pengembangan Borg and Gall yang dilakukan bulan Oktober 2021 s/d Mei 2022 pada Madrasah Aliyah yang ada di Kota Pekanbaru. Hasil validasi buku ajar berada pada kategori sangat valid dengan nilai 3,56. Praktikalitas buku ajar berada pada kategori sangat praktis dengan nilai respon peserta didik 3,70 dan nilai respon guru berada pada kategori sangat praktis dengan nilai 3,65. Efektifitas buku ajar berada pada kategori sedang dengan nilai N-gain sikap sebesar 0,72 dan nilai N-gain hasil belajar sebesar 0.47. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar biologi berbasis integrasi sains dan Islam layak digunakan dalam proses pembelajaran pada kelas X Madrasah Aliyah untuk memfasilitasi kompetensi peserta didik. Kata kunci : Pengembangan Buku Ajar, Integrasi, Saisn dan Islam
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 11 May 2023 07:48 |
Last Modified: | 11 May 2023 07:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70746 |
Actions (login required)
View Item |