Andi Agus Suprianto (2014) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP PARTISIPASI AKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (60kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru memberikan penguatan terhadap partisipasi aktif dalam proses pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan guru memberikan penguatan terhadap partisipasi aktif dalam proses pembelajaran siswa kelas V SDN 004 Enok Kecamatan Enok Kabupatn Indragiri Hilir”. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 004 Enok. Sedangkan objek penelitiannya adalah keterampilan guru memberikan penguatan dan partisipasi aktif siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN 004 Enok yang berjumlah 20 orang dan guru yang mengajar di kelas V yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu variabel X dan Variabel Y. Variabel X berupa keterampilan guru memberikan penguatan yang bersifat data ordinal dan variabel Y adalah partisipasi aktif siswa yang juga bersifat data ordinal. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik teknik korelasi koefisien kontingensi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan guru memberikan penguatan terhadap partisipai aktif dalam proses pembelajaran siswa kelas V SDN 004 Enok. Dari hasil analisa statistik, keterampilan guru memberikan penguatan dan partisipasi aktif diperoleh harga Phi sebesar 1,587 yang mana lebih besar dari “r” tabel product moment pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% atau dapat dituliskan 0,532 < 1,587 > 0,661. Ini berarti Hₐ (hipotesis alternatif) diterima dan Hₒ (hipotesis nihil) ditolak. Dengan demikian semakin baik keterampilan guru dalam memberikan penguatan maka semakin baik pula partisipasi aktif dalam proses pembelajaran siswa kelas V SDN 004 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Sebaliknya semakin tidak baik keterampilan guru memberikan penguatan maka semakin tidak baik pula partisipasi aktif dalam proses pembelajaran siswa kelas V SDN 004 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 02:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 02:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7067 |
Actions (login required)
View Item |