PUTRI AISYAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONBERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Aisyah, (2023) : Pengaruh Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent posttest only group desain. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IX MTsN 3 Kota Pekanbaru, dengan sampel penelitian kelas IX.9 sebanyak 40 siswa dan kelas IX.8 sebanyak 37 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kemudian dianalisis meggunakan uji mann whitney u. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah belajar dengan RME berbasis etnomatematika lebih meningkat. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran RME berbasis etnomatematika berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. RME berbasis etnomatematika dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Transformasi Geometri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 May 2023 03:15 |
Last Modified: | 04 May 2023 03:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70458 |
Actions (login required)
View Item |