Kartika Apriola, - and Yuliharti, - and Yanti, - (2020) KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MASA IBNU TAIMIYAH. Kutubkhanah, 20 (1). pp. 32-52. ISSN Online ISSN 2407-1633 | Print ISSN 1693-8186)
|
Text
KONSEP P E M I K I R A N PENDIDIKAN ISLAM MASA IBNU TAIMIYAH.pdf Download (759kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam merupakan salah satu bidang studi yang mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan. Pemikiran Ibnu Taimiyah merupakan salah satu wujud pendidikan yang merespon berbagai masalah masyarakat Islam pada saat itu yang menuntut pemecahan secara strategis melalui jalur pendidikan. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu falsafah pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode, bahasa pengantar dalam pengajaran, etika guru dan murid serta perbandingannya dengan pendidikan kontemporer pada masa sekarang. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kajian ini membahas teori dan pemikiran pendidikan intelektual muslim klasik Ibnu Taimiyah. Adapun metode pemikiran pendidikan Islam menurut Ibnu Taimiyah yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah melalui pemahaman yang mendalam, jernih dan enerjik. Dalam penelitian ini penulis juga menganalisis pemikiran pendidikan sekarang terhadap pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah agar dapat diambil pembaharuannya sebagai inovasi yang patut diaplikasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini. Kata Kunci: Pemikiran, Ibnu Taimiyah, Pendidikan Kontemporer
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Eko Syahputra |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 23:04 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 23:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70205 |
Actions (login required)
View Item |