Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 42 PEKANBARU

RINI SUTIANINGSIH, - (2023) ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 42 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

RINI SUTIANINGSIH (2023) : ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 42 PEKANBARU Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dipelajari, terutama bagi seorang siswa. Untuk menjadi penulis profesional dibutuhkan kemampuan kebahasaan, salah satunya kemampuan menulis kalimat efektif. Untuk itu, kemahiran tersebut harus dikembangkan terutama bagi siswa yang sedang dalam tahap belajar. Berdasarkan observasi awal, siswa sering merasa sulit dan salah dalam menyusun kalimat saat diminta untuk menulis sebuah karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan penggunaan kalimat efektif terutama pada aspek kesatuan dan kesepadanan, kesejajaran, penekanan, kehematan dalam mempergunakan kata serta kevariasian dalam struktur kalimat dan faktor yang menyebabkan ketidakefektifan kalimat dalam penulisan karangan deskripsi siswa kelas VII di SMP Negeri 42 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, teknik dokumentasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penggunaan kalimat efektif dalam penulisan karangan deskripsi siswa kelas VII di SMP Negeri 42 Pekanbaru belum mengarah pada keefektifan kalimat. Hal itu disebabkan karena kelima syarat untuk mencapai kalimat efektif tidak terpenuhi, dari 46 karangan deskripsi siswa, ditemukan banyak kesalahan. 61 pada aspek kesatuan dan kesepadanan, 6 pada aspek kesejajaran, 3 pada aspek penekanan, 30 pada aspek kehematan dalam mempergunakan kata dan 11 pada aspek kevariasian dalam struktur kalimat serta faktor yang menyebabkan ketidakefektifan kalimat siswa pada penulisan karangan deskripsi, diantaranya: Kontaminasi dan kerancuan, kemubaziran preposisi dan kata, kesalahan nalar, pengaruh bahasa asing, penggunaan bahasa yang tidak baku, kekurangpahaman siswa tentang kalimat efektif dan sulit mencari ide. Kata Kunci: Penggunaan Kalimat Efektif, Teks Deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:45
Last Modified: 06 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69525

Actions (login required)

View Item View Item