VINA CHINTIA DEWI, - (2023) KUALITAS PELAYANAN PADA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KELILING DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB I- BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan SAMSAT keliling merupakan faktor penting dalam memastikan efektivitas dan efisiensi dari layanan yang diberikan. Adapun permasalahan yang terdapat pada penelitian yaitu kualitas pelayanan yang masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dari berlangsungnya proses pelayanan pajak pada SAMSAT keliling tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan SAMSAT keliling serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dari pelaksanaan pelayanan SAMSAT keliling di Kecamatan Tualang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan penelitian pada penelitian ini adalah wajib pajak pada SAMSAT keliling di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan SAMSAT keliling belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek kehandalan yang berisikan petugas agar dapat lebih teliti dalam melaksanakan tugas, daya tanggap merupakan petugas harus mampu menanggapi setiap keluhan dari masyarakat, jaminan yang memberikan kepastian dan kejelasan waktu serta biaya dari pajak kendaraan bermotor, empati yang mana memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat, dan produk fisik yang belum berjalan sebagaimana mestinya. Adapun faktor penghambat pada penelitian ini yaitu permasalahan jaringan yang belum memadai, sumber daya manusia yang belum mencukupi, sarana dan prasarana yang masih kurang diperhatikan serta kurangnya ketelitian petugas yang menyebabkan human eror pada pelaksanaan pelayanan SAMSAT keliling. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan SAMSAT keliling agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Depositing User: | fekon - |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 03:43 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69510 |
Actions (login required)
View Item |