Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU

SABAR ALIANSYAH PANJAITAN, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SABAR ALIANSYAH PANJAITAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sabar Aliansyah Panjaitan, (2022) : Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS Al-Muttaqin Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas VIII MTS Al-Muttaqin Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berpengaruh Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII MTS Al-Muttaqin Pekanbaru?”. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU tahun ajaran 2022/2023. Objek dari penelitian ini adalah Kemampuan Membaca siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VIII MTS Al-Muttaqin Pekanbaru yang berjumlah 242 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIII B = 21 dan VIII D = 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Telah didapatkan nilai dari penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bahasa Arab dan kemampuan membaca didalam observasi yaitu 99% dan tergolong “sangat baik”. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan nilai To 3,233 yang lebih besar dari “T” tabel pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2,02. Hal ini berarti bahwa Ha (Hipotesis Alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis Nihil) ditolak. Artinya bahwa Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa di MTS Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:43
Last Modified: 20 Mar 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69346

Actions (login required)

View Item View Item