Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM RIAU TERHADAP KEPUASAAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL

YASRIANI, - (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM RIAU TERHADAP KEPUASAAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img]
Preview
Text (Seluruh bab kecuali BAB IV)
seluruh bab.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan Universitas Islam Riau menerapkan sistem OPAC sejak Tahun 2015. Sejak diimplementasikan pada perpustakaan Universitas Islam Riau masih terdapat beberapa masalah yang dikeluhkan oleh pengguna seperti, belum dilakukan sosialisasi kepada mahasiswa baru, status buku pada sistem tidak sesuai pada rak koleksi, kurangnya sarana dan prasarana seperti komputer dan ruang membaca perpustakaan sehingga menyebabkan pelayanan kurang nyaman oleh pemustaka pengguna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasaan terhadap kualitas pelayanan perpustakan UIR yang dinilai sudah cukup baik dalam batas toleransi. Namun masih banyak kurang memuaskan bagi mahasiswa perpustakaan. Pada penelitian ini menggunakan Metode Libqual dengan indikator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control, Library as Place. Sehingga diperoleh nilai analisis dari masing-masing indikator menunjukkan nilai dari Adequacy Gap benilai -2,77 dan nilai dari Superiority Gap bernilai -3,4. Dapat disimpulkan pada variabel Affect Of Service menunjukkan persepsi harapan minimum belum memenuhi kepuasan pemustaka terhadap layanan yang diberikan. Persepsi harapan ideal pemustaka sudah merasa puas dengan layanan yang diberikan. Information Control dari persepsi harapan minimum pemustaka merasa tidak puas dengan informasi yang tersedia pada OPAC. Sedangkan untuk persepsi harapan ideal pemustaka sudah merasa puas. Libary As Place dari persepsi harapan minimum pemustaka merasa belum puas terhadap sarana yang ada di perpustakaan. Dari persepsi harapan ideal pemustaka sudah merasa puas terhadap sarana yang tersedia di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Jan 2023 10:45
Last Modified: 31 Jan 2023 10:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68791

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item