ROBY CHAHYADI SIBUEA, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
kecuali bab 4.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Grub Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjumlah 68 orang yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas XI IPS1, XI IPS2. Dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti dengan thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,001 <4,760> 2,663) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji effect size yang menunjukkan penerapan model problem based learning memiliki pengaruh yang besar terhadap pemahaman siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tebing Tinggi adalah sebesar 1,25 atau 1,25% yang tergolong besar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 03:37 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68660 |
Actions (login required)
View Item |