Bima Pantoro, - (2023) Penerapan Weighted Moga Pada Pembagian Kelas Siswa Baru Sekolah Dasar Berdasarkan Hasil Tes Inteligensi dan Gender. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (Full Laporan kecuali BAB 4)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB 4)
BAB 4 PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ability grouping merujuk pada praktik yang dilakukan dengan tujuan mengelompokan siswa ke dalam kelas dan sekolah berdasarkan kemampuan. Pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan atau kepintaran umum dilakukan pada sekolah-sekolah terutama pengelompokan berdasarkan hasil capaian tahun sebelumnya. Namun pada jenjang sekolah dasar hal ini sulit untuk dilakukan karena tidak adanya standar dalam penilaian siswa sebelum memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Maka dari itu beberapa sekolah menerapkan tes inteligensi untuk mengetahui kemampuan dari calon siswa sebelum akhirnya menerima dan menempatkan siswa tersebut ke dalam kelas tertentu. Pada penelitian ini diterapkan weighted multi-objective genetic algorithm untuk melakukan pembagian siswa berdasarkan inteligensi dan gender. Hasil pembagian diharapkan menghasilkan susunan kelas dengan tingkat penyebaran inteligensi dan gender yang merata pada tiap kelasnya. Dari hasil pengujian didapatkan hasil dari kombinasi operator algoritma genetika 150 individu, 70% crossover rate, dan 2% mutation rate menghasilkan nilai fitness sebesar 0,897436 dengan hasil keluaran tiap kelas memiliki deviasi 1-2 siswa dengan target inteligensi dan gender yang diharapkan. Hasil pengujian juga menghasilkan kombinasi siswa dengan rata-rata inteligensi yang hampir sama pada tiap kelasnya yaitu antara 32,17 hingga 32,32.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65679 |
Actions (login required)
View Item |