YULIANTI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Yulianti, (2022): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di UPT SMP Negeri 3 Bangkinang masih tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis jika berdasarkan resiliensi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Bangkinang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket resiliensi matematis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa di UPT SMP Negeri 3 Bangkinang. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Resiliensi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 08:11 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65581 |
Actions (login required)
View Item |