PUTRI SAKINAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Sakinah (2022): Pengaruh Penerapan Starategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Kampar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih antara penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan strategi konvensional di MAN 2 Kampar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 44 orang siswa, peneliti menggunakan 2 kelas, XII MIA 1 sebagai kelas Ekperimen, dan XII MIA 2 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan strategi inquiry discovery di MAN 2 Kampar, diperoleh t hitung 3.503 > t tabel 2.074, dengan perbedaan nilai rata-rata (mean) kelas ekperimen bernilai 80, sedangkan kelas kontrol bernilai 68.5. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 08:41 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 08:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65434 |
Actions (login required)
View Item |