EVA SAPARIDA MULYANI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
SKRIPSI EVA SAPARIDA MULYANI.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Eva Saparida Mulyani, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Solving pada Materi Segiempat untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 2 Kepulauan Meranti. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa LKS berbasis problem solving pada materi segiempat untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Kepulauan Meranti tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa kelas VII MTsN 2 Kepulauan Meranti. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis problem solving. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berkut: (1) LKS berbasis problem solving dinyatakan dalam kategori valid dengan persentase keidealan 88,19%. (2) LKS berbasis problem solving dinyatakan dalam ketegori sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan persentase keidealan 89,02%, dan kriteria sangat praktis pada uji coba kelompok terbatas dengan persentase keidealan 87,15%. (3) LKS berbasis problem solving dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dengan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,32 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 67,15. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS berbasis problem solving yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Problem Solving, Kemampuan Komunikasi Matematis, Materi Segiempat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 04:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65415 |
Actions (login required)
View Item |