RISTI NOFALIA, - (2023) PENERAPAN PROGRAM MUHADATSAH YAUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 TELUK KUANTAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
||
|
Text
SKRIPSI RISTI NOFALIA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Risti Nofalia,(2022) : “Penerapan Program Muhadatsah Yaumiyyah dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara Bahasa arab siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan tahun pelajaran 2021/2022”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan Program Muhadatsah Yaumiyyah dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara Bahasa arab siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui proses penerapan muhadatsah yaumiyyah dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara Bahasa arab,untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam berbicara Bahasa arab,dan faktor-faktor pendukung muhadatsah yaumiyyah dalam meningkatkan keaktifan berbicara Bahasa arab siswa di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari observasi,wawancara dan juga dokumentasi. Data-data yang diperoleh tersebut dianalisis melalui reduksi data dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Program Muhadatsah Yaumiyyah dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara Bahasa arab siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan dimulai dengan kegiatan sederhana,yaitu dengan melakukan percakapan sederhana seperti sapaan-sapaan singkat atau mengemukakan ungkapan-ungkapan dasar yang melibatkan siswa secara langsung. Dan juga dimulai dengan tanya jawab antara guru dengan siswa menggunakan Bahasa arab sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi siswa dalam berbicara Bahasa arab yaitu persediaan persediaan mufradat siswa yang masih relative kurang,kebanyakan dari mereka belum terbiasa dalam berbicara Bahasa arab karena lingkungan yang kurang mendukung,dan mereka kesulitan dalam Menyusun kalimat-kalimat berbahasa arab. Adapun yang menjadi faktor pendukung muhadatsah ini dapat meningkatkan keaktifan siswa berbicara Bahasa arab adalah faktor penguasaan ucapan,kosa kata,struktur kalimat(tata Bahasa) dan yang terakhir adalah lingkungan Bahasa. Dengan menguasai poin poin tersebut maka siswa akan terbiasa bercakap-cakap dengan Bahasa arab yang fasih dan dapat dapat membentuk pendapat yang benar dan menerangkannya dengan perkataan yang terang dan tidak ragu-ragu sesuai dengan kaidah semestinya. Kata Kunci : Penerapan,Muhadatsah Yaumiyyah,Kemampuan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 08:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 08:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65304 |
Actions (login required)
View Item |