FITRIA WARDANI, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOW BALLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
||
|
Text
SKRIPSI FITRIA WARDANI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fitria Wardani, (2022): Penerapan Metode Pembelajaran Snow Balling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV pada Muatan Pelajaran Matematika MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada muatan pelajaran matematika kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru melalui metode pembelajaran Snow Balling. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya komunikasi matematis siswa pada muatan pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 17 orang siswa kelas IV A MI Aulia Cendekia Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran Snow Balling dan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa bahwa kemampuan komunikasi Matematika siswa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran masih rendah, dimana 1 orang siswa atau 5% berada pada kategori baik sekali, 6 orang siswa atau 35% berada pada kategori baik, 7 orang siswa atau 41% berada pada kategori kurang, dan 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode pembelajaran Snow Balling Pada siklus I kemampuan komunikasi matematis siswa me n i n gk a t , d ima n a 4 orang siswa atau 23% berada kategori baik sekali, 8 orang siswa atau 47% pada kategori baik, 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori kurang, dan 2 orang siswa atau 11 % b e r a d a pada kategori kurang sekali. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat signifikan, dimana 7 orang siswa atau 41% berada pada kategori baik sekali, 7 orang siswa atau 41% berada pada kategori baik dan 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Snow Balling dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Snow Balling, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 03:08 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65249 |
Actions (login required)
View Item |