Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PENGHUBUNG AJAIB DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Etika Yanti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PENGHUBUNG AJAIB DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan strategi penghubung ajaib di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah melalui Strategi Penghubung Ajaib untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Strategi Penghubung Ajaib dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya memperoleh persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 36% ,siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan memperoleh persentase secara klasikal 50%, Sedangkan siklus II hasil belajar siswa perolehan persentase secara klasikal sebesar 76%,. Artinya, secara klasikal dikatakan berhasil karena ketuntasan siswa mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:04
Last Modified: 29 Aug 2016 06:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6516

Actions (login required)

View Item View Item