Resky Erizal (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PERSIAPAN KAMPAR TIMUR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X.1 sebagai lokal eksperimen dan kelas X.2 sebagai lokal kontrol di Madrasah Aliyah Negeri Persiapan Kampar Timur Kabupaten Kampar dengan menggunakan model pembelajaran Kepala Bernomor. Adapun permasalahannya adalah hasil belajar Akidah Akhlak siswa masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi sehingga siswa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dalam proses itu sendiri. Dari permasalahan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah ada perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kepala Bernomor (NHT) terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak siswa kelas X.1 di Madrasah Aliyah Negeri Persiapan Kampar Timur Kabupaten Kampar Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Persiapan Kampar Timur Kabupaten Kampar dengan jumlah siswa sebanyak 54 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Persiapan Kampar Timur Kabupaten Kampar, dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Tes diberikan diakhir pertemuan setelah penggunaan model pembelajaran Kepala Bernomor (NHT), data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Tes “t” . Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa perbandingan to = 3.319, bearti lebih besar dari pada tt taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (3.319 2.06 dan 3.319 2.80) sehingga hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X.1 MAN-p Kamapar Timur ditolak. Dan dari perbedaan mean rata-rata siswa menunjukkan sesudah penerapan lebih tinggi dari pada hasil belajar sebelum penerapan, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kepala Bernomor (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Persiapan Kampar Timur Kecamatan kampar Timur Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 05:51 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6512 |
Actions (login required)
View Item |