Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA TEMA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP DIKELAS IV SD NEGERI 007 PULAU TINGGI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

NURDIATI JANNAH, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA TEMA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP DIKELAS IV SD NEGERI 007 PULAU TINGGI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURDIATI JANNAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurdiati Jannah, (2022) : Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media realia untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Tematik Pada Tema 3 Peduli Terhadap Lingkungan Hidup Kelas IV di SDN 007 Pulau Tinggi Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan rasa ingin tahu siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Sekolah Dasar Negeri 0007 Pulau Tinggi Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 17 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 0007 Pulau Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Media Realia dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa sebelum tindakan hanya mencapai 53,30% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 78,63% dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 94,63% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Media Realia dapat meningkatkan Rasa Ingin Tahu siswa pada tema peduli terhadap lingkungan hidup di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Tinggi Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), media Realia, Rasa Ingin Tahu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:29
Last Modified: 18 Jan 2023 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65108

Actions (login required)

View Item View Item