Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA BUKITTINGGI TERHADAP PENGUNJUNG TAMAN MARGASATWA DAN BUDAYA KINANTAN BUKITTINGGI DITENGAH PANDEMI COVID-19

DEDET RAHMAD REZKI, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA BUKITTINGGI TERHADAP PENGUNJUNG TAMAN MARGASATWA DAN BUDAYA KINANTAN BUKITTINGGI DITENGAH PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEDET RAHMAD REZKI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Dedet Rahmad Rezki Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Terhadap Pengunjung Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi Ditengah Pandemi Covid-19. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Pemuda Kota Bukittinggi Terhadap Pengunjung Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Ditengah Pandemi covid-19. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi (DISPARPORA) adalah leading sektor urusan pariwisata yang ditugaskan mengelola objek wisata di Kota Bukittinggi termasuk TMSBK. Di tahun ini terjadinya dampak pandemi Covid-19 mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata TMSBK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication (IMC) pada dasarnya memiliki tools sebagai cara bagaimana sebuah perusahaan menjual produknya. IMC tools terdiri dari advertising (periklanan), Personal Selling (penjualan langsung), Direct Selling, Sales Promotion (Promosi Penjualan), Public Relation (Hubungan Masyarakat), dan Interactive/ internet marketing. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi, pemilihan informan digunakan teknik purposive sampling, teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa, strategi komunikasi pemasaran sangat membantu disparpora dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke TMSBK. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan yang meningkat dari Tahun 2020 ke Tahun 2021 dan PAD pariwisata meningkat bahkan melewati target sebesar 120%. Strategi dilakukan disparpora untuk menarik minat wisatawan ke TMSBK hanya pada akhir Tahun 2020 dengan menggratiskan tiket masuk ke objek wisata selama dua hari dalam rangka memperingati HUT Kota Bukittinggi. Disparpora Kota Bukittinggi sendiri secara spesifik tidak memiliki seksi yang berkaitan dengan Hubungan Masyarakat (Humas). Disparpora Kota Bukittinggi menggunakan beberapa saluran media di Internet seperti website dan beberapa sosial media popular seperti Instagram dan Youtube dengan memberikan #AyoLiburanKeBukittinggi. Namun penggunaan website ini kurang maksimal dilakukan karena berita yang belum di update pada Tahun ini. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemasaran, IMC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:55
Last Modified: 15 Dec 2022 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64537

Actions (login required)

View Item View Item