Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOMPOKAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS

Ammar Muhammad, - (2022) PENGELOMPOKAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Laporan Lengkap kecuali BAB IV)
Laporan Lengkap Kecuali BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)

Abstract

Game online merupakan aplikasi permainan yang berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi dan perang yang memiliki aturan main dan tingkatan-tingkatan tertentu. Kecanduan game online merupakan aktifitas yang dilakukan secara terus menerus dan berkepanjangan yang menimbulkan sikap yang cenderung menarik diri dari kehidupan sosial. Penerapan data mining dengan menggunakan metode clustering dapat dilakukan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means.Data kecanduan game online didapat dari pengumpulan data melalui kuisioner yang mengacu kepada skala Game addict scale (GAS) yang dijelaskan oleh (Lemmens, Valkenburg & Peter 2009) yang terdiri dari 7 aspek yaitu Relapse, Mood Modification, Conflict, Tolerance, Salience, menarik diri, dan masalah. Pengujian pada metode menggunakan metode Silhouette Coefficient. Dari hasil clustering didapatkan hasil yaitu 101 record pada cluster 1, 92 record pada cluster 2 dan 107 record pada cluster 3 serta hasil pengujian yaitu 0,897076, yang artinya struktur clustering baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:09
Last Modified: 27 Jul 2022 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62359

Actions (login required)

View Item View Item