Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Elektronik untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di SMP Negeri 43 Pekanbaru

Eva Nurzaimi,, - (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Elektronik untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di SMP Negeri 43 Pekanbaru. Thesis thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Tesis Eva Nurzaimi Lengkap OK (kecuali bab IV) watermark.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FINAL Eva Nurzaimi Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Eva Nurzaimi, (2022): Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Elektronik untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di SMP Negeri 43 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas, tingkat praktikalitas, dan tingkat efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 43 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket respon validator, angket respon praktisi dan tes pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase 90.91%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil pengujian tingkat praktikalitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan sebesar 89,71%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil pengujian tingkat efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada uji coba skala kecil, 88.0% dengan kategori tingggi dan 85,29% dengan kategori tingggi pada skala besar. Sehingga diperoleh persentse akhir pada pengujian efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik baik dalam skala kecil dan besar sebesar 86,65%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) materi Khulafaur Rasyidin di SMP Negeri 43 Pekanbaru mendapat hasil pengujian yang sangat valid, sangat praktis dan efektif. Kata Kunci : Pengembangan, Modul Elektronik

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:02
Last Modified: 26 Jul 2022 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62101

Actions (login required)

View Item View Item