Yusra Nasution (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Tri Bhakti Pekanbaru. Penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Tri Bhakti Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah suatu penelitian untuk melihat pengaruhnya di mana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penerapannya kelompok eksperimen menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Tri Bhakti Pekanbaru, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan melakukan uji homogenitas pada populasi penelitian untuk mengetahui homogen atau tidaknya populasi tersebut, kemudian diambil dua kelas yang dianggap memiliki nilai rata-rata yang mendekati untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Angket dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan dalam penerapan model cooperative learning tipe team games tournament (TGT). Selanjutnya angket dianalis dengan menggunakan test “t”. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data angket dengan menggunakan perhitungan tes “t” diperoleh nilai t0 = 3,033 lebih besar dari nilai ttabel = 2,68 hal ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas experimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:54 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 02:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6203 |
Actions (login required)
View Item |