Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA DIGITAL DAERAH RAWAN BENCANA BANJIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA NEGERI 1 TELUK KUANTAN

Tiara Olivia, Tiara (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA DIGITAL DAERAH RAWAN BENCANA BANJIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA NEGERI 1 TELUK KUANTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media peta digital daerah rawan bencana banjir terhadap hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis pretest hasil belajar siswa, analisis postest hasil belajar siswa, dan Uji Hipotesis menggunakan T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta digital daerah rawan bencana banjir memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen di bandingkan dengan kelas kontrol, Pada kelas eksperimen 86.72 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 70.94 berdasarkan analisis uji t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yaitu berarti Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, media peta digital, hasil belajar
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:18
Last Modified: 25 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61759

Actions (login required)

View Item View Item