Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN MODUL BELAJAR IPA SECARA ATRAKTIF (BISA) BERBASIS DIGITAL UNTUK SISWA SD KELAS V KOTA PEKANBARU

Miftah Audhiha, - (2022) DESAIN MODUL BELAJAR IPA SECARA ATRAKTIF (BISA) BERBASIS DIGITAL UNTUK SISWA SD KELAS V KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB 1-5)
GABUNGAN TANPA BAB IV MIFTAH.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV MIFTAH AUDHIHA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, praktikalitas serta efektivitas modul belajar IPA secara atraktif (BISA) berbasis digital dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model borg and. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 ahli media, 3 ahli materi, 6 orang guru dan 90 siswa kelas V SD Kota Pekanbaru. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, angket respon siswa, angket respon guru dan soal kemampuan berpikir kritis dan di analisis menggunakan SPSS 26.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul belajar IPA secara atraktif (BISA) berbasis digital dinyatakan valid, praktis dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase modul digital yang dikembangkan dari segi media diperoleh persentase sebesar 92,18% dengan kategori Sangat Valid sedangkan dari segi materi diperoleh persentase sebesar 90,50% dengan kategori Sangat Valid. Selanjutnya, untuk tingkat praktikalitas di kalangan guru diperoleh persentase sebesar 96,30% dengan kategori Sangat Praktis dan dikalangan siswa diperoleh persentase 100% dengan kategori Sangat Praktis. Lebih lanjut, score N-Gain kelas eksperimen yang modul belajar IPA secara atraktif (BISA) berbasis digital 80,07% dengan kategori Efektif. Oleh karena itu, modul belajar IPA secara atraktif (BISA) berbasis digital dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema panas dan perpindahannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:23
Last Modified: 25 Jul 2022 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61413

Actions (login required)

View Item View Item