MHD. RASID HAMDI, Rasid (2022) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES OF EFL STUDENTS AT SMAN 5 PAYAKUMBUH. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau.
|
Text
THESIS MHD. RASID HAMDI FILE LENGKAP KECUALI BAB IV 1.pdf Download (29MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
THESIS MHD. RASID HAMDI BAB IV OK 1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Mhd Rasid Hamdi (2022) : Strategi pembelajaran bahasa siswa EFL di SMAN 5 Payakumbuh Penelitian ini berfokus pada mengidentifikasi strategi pembelajaran bahasa yang paling sering digunakan oleh siswa EFL. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain metode campuran sekuensial eksplanatori. Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang dapat membantu menentukan bagaimana siswa belajar. Dengan mengetahui dan memahami strategi pembelajaran bahasa yang digunakan siswa dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan menjadi lebih baik. Namun, siswa memiliki kepribadian yang berbeda, sehingga mereka belajar dalam berbagai strategi yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengetahui strategi pembelajaran apa yang digunakan oleh siswa. Wawancara berfungsi untuk memvalidasi data dari kuesioner. Kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang diadopsi dari Strategy Inventory for Language Learning (SILL) oleh Oxford (1989) dibagikan kepada 20 siswa kelas X dan 20 siswa kelas XI SMAN 5 Payakumbuh untuk mengamati strategi pembelajaran bahasa mereka. Data tersebut diolah dan dianalisis melalui Jeffrey's Amazing Statistics Program (JASP). Data yang dikumpulkan dari pertanyaan wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil angket dan wawancara menggambarkan bahwa siswa kelas X dan XI menggunakan semua strategi pembelajaran, meliputi memori, kognitif, kompensasi, meta kognitif, afektif dan sosial. Analisis statistik dan hasil wawancara menunjukkan bahwa kognitif adalah strategi pembelajaran bahasa yang paling disukai oleh siswa kelas sepuluh dan sebelas. Sedangkan, Kompensasi dan afektif adalah strategi pembelajaran bahasa yang paling jarang digunakan oleh siswa kelas sepuluh dan sebelas. Kata Kunci: Pembelajaran EFL, strategi pembelajaran bahasa, pembelajaran bahasa Inggris, siswa , strategi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61314 |
Actions (login required)
View Item |