NANDA SILVI ROSANDI, - (2022) PENERAPAN MODEL ROUND ROBIN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 002 KUAPAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
||
|
Text
BAB I - BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nanda Silvi Rosandi (2022): Penerapan Model Round Robin Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 002 Kuapan Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat pada muatan Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 002 Kuapan Kabupaaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa diantara gelajanya yaitu kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat saat berdiskusi, siswa kurang mampu mengungkapkan pendapatnya sesuai dengan tema diskusi, siswa kurang mampu memilih kata dan melugaskan kalimat yang diungkapkan, dan siswa kurang mampu meruntutkan ide/gagasan yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objeknya adalah model pembelajaran Round Robin Brainstorming dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan, sebelum tindakan perbaikan nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya 47,15. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran melalui model Round Robin Brainstorming pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,28, dan pada siklus II nilainya semakin meningkat menjadi 84,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Round Robin Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan Kabupaten Kampar. Kata kunci: Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Model Rond Robin Braianstorming
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:20 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60706 |
Actions (login required)
View Item |