ERFIANI, - (2022) THE USE OF DUOLINGO IN ENHANCING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SMA NEGERI 3 BANGKO PUSAKO DURING PANDEMIC COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Erfiani (2022) : Penggunaan Duolingo dalam Meningkatkan penguasaan Kosakata Siswa SMA Negeri 3 Bangko Pusako Pada Masa Pandemi Covid-19. Kosakata merupakan komponen bahasa yang paling penting karena mempengaruhi empat keterampilan berbehasa yaitu berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Tanpa kosakata yang baik akan sulit bagi seorang siswa untuk mempelajari dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Namun, belajar dan menguasai kosakata bukanlah hal yang mudah. siswa-siswa seringkali terkendala dalam mengingat kata-kata, bingung arti kata-kata, dan susah dalam pelafalan. Untuk mengatasi hal ini, siswa membutuhkan media untuk meningkatkan penguasaan kosakata mereka. Hal ini juga didukung di era baru ini, dimana kemajuan teknologi berkembang pesat. Salah satu software atau situs terkenal yang menggunakan game untuk belajar bahasa asing adalah aplikasi Duolingo. Dengan platform pembelajaran berbasis game, Duolingo dapat membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMA Negeri 3 Bangko Pusako pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian experiment. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental dua grup pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret pada tahun 2021. Penelitian bertempat di SMA Negeri 3 Bangko Pusako. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Bangko Pusako. Jumlah total populasi adalah 156 siswa, sedangkan untuk pemilihan sampel, peneliti menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan test pilihan ganda. Hasil test tersebut diolah secara statistikal menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Duolingo terhadap penguasaan kosakata, peneliti menggunakan paired sample T-test melalui program SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa di kelas eksperimental di kategori sangat baik dan di kelas kontrol di kategori baik. Pada sample independen t-test, nilai signifikansi adalah 0.000 dimana nilai tersebut lebih rendah dari pada nilai 0.05 (nilai sig = 0.000 < 0.05). Itu menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penguasaan kosakata siswa antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Duolingo dan tanpa menggunakan Duolingo di SMA Negeri 3 Bangko Pusako pada masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:20 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60697 |
Actions (login required)
View Item |