Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 043 DESA BATU GAJAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

SINDY APRILIA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 043 DESA BATU GAJAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SINDY APRILIA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sindy Aprilia, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co- Op Co-Op untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Desa Batu Gajah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran co-op co-op pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kels V Sekolah Dasar 043 Batu Gajah. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran co-op co-op dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripsi kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran co-op coop dapat meningkatkan kemmapuan keja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan kemampuan kerjasama siswa hanya mencapai 53,61% atau tergolong kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 67,5% atau tergolong kategori cukup. 84,44% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelejaran co-op co-op dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Co-Op Co-Op, Kemampuan Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jun 2022 01:56
Last Modified: 03 Jun 2022 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60247

Actions (login required)

View Item View Item