Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

INDAH DWI PUTRI, - (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Indah Dwi Putri, (2022): Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi nilai-nilai keisalaman pada materi relasi dan fungsi yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat. Subjek penelitian ini adalah para ahli teknologi dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata matematika dan siswa kelas VIII. Objek penelitian ini adalah modul berbasis RME terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi modul oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1) modul berbasis pendekatan pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar . (2) modul berbasis pendekatan pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar . (3) modul berbasis pendekatan RME dinyatakan efektif. Hal tersebut menunjukkan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dikembangkan ini valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Modul, Realistic Mathematics Education (RME), Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman, Relasi dan Fungsi serta Model ADDIE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 May 2022 06:42
Last Modified: 31 May 2022 06:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60206

Actions (login required)

View Item View Item