DEAN ALIEFGENTA RYANO, - (2022) CHATBOT PELAYANAN E-COMMERCE DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS UIN SUSKA RIAU.
Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
E-Commerce merupakan proses bisnis yang dilakukan melalui jaringan elektronik, seperti internet. Dalam proses jual beli E-Commerce, pada umumnya penjual menyediakan layanan Customer service online yang dapat dihubungi Pelanggan melalui e-mail atau aplikasi chat. Namun Customer Service ini memiliki beberapa kekurangan yaitu, mereka tidak dapat melayani pelanggan 24 jam sehari dan mereka tidak bisa konsisten melayani seluruh pelanggan dengan cepat. Oleh karena itu chatbot dapat menjadi media alternatif pelayanan jual beli e-commerce dan dapat memudahkan pembeli untuk berbelanja online tanpa terbatas waktu dan tempat. Chatbot dapat memberikan respon otomatis terhadapt pertanyaan yang diinputkan menggunakan pendekatan Natural Language Processing dan metode Naïve Bayes Classifier untuk memahami maksud pertanyaan dan memberi jawaban pertanyaan tersebut. Chatbot juga menggunakan dialogflow untuk menyimpan alur percakapan dengan pelanggan. Chatbot memiliki tingkat akurasi klasifikasi kategori pertanyaan sebesar 83% karena didukung oleh proses text preprocessing dan pembobotan kata menggunakan TF IDF. Kata kunci: Chatbot, Naïve Bayes Classifier, Natural Language Processing, Ecommerce, Dialgflow, Pembobotan kata, Text Preprocessing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 04:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 04:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59921 |
Actions (login required)
View Item |