Ardina (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE OBSERVATION AND FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 019 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya aktivitas belajar siswa didalam belajar seperti : dari 30 orang siswa, 15 atau 50% yang memperhatikan guru ketika diminta untuk memecahkan soal, menganalisis dan mengambil keputusan. Kurangnya aktivitas belajar murid terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini dapat dilihat dari 30 orang siswa hanya 12 orang siswa yang mau bertanya atau mengajukan pendapatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Strategi Pembelajaran Active Observation And Feedback pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 20112012 dengan jumlah murid sebanyak 30 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan strategi pembelajaran active observation and feedback. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Hasil aktivitas belajar sebelum dilakukan tindakan menunjukkan angka persentase diperoleh rata-rata persentase secara klasikal pada siklus I pertemuan pertama menunjukkan angka persentase diperoleh rata-rata persentase secara klasikal 39.2% pada siklus I pertemuan kedua menjadi 55.0%, dan pada siklus II pertemuan pertama menjadi 65.0%. Sedangkan peningkatan juga terjadi pada siklus II pertemuan kedua rata-rata persentase secara klasikal 80.0%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 17:56 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 17:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5951 |
Actions (login required)
View Item |