SUCI HAPIZAH, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING TRANSFERRING (REACT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSEBARAN DAN PENGELOLAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
Abstract
SUCI HAPIZAH (2021) : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING TRANSFERRING (REACT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSEBARAN DAN PENGELOLAAN Penelitian ini berawal dari rumusan masalah pengarh penerapan model pembelajaran relating experiencing applying cooperating transferring terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kampar. Enelitian ini megguakan rancangan nonequivalent control group design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kampar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol, dalam penelitian ini sampel ditentukan berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran Geografi dan berdasarkan observasi awal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 70,87 menjadi 84,21 pada nilai postest. Maka terdapat pengarh penerapan model pembelajaran relating experiencing applying cooperating transferring terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kampar adalah 18,8%. Kata Kunci: Hasil Belajar, REACT, Persebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 01:57 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 01:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59132 |
Actions (login required)
View Item |