Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE COMPELETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA IV GLOBALISASI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 152 PEKANBARU

HAFAS FADILLAH, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE COMPELETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA IV GLOBALISASI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 152 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAFAS KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hafas fadillah, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Compelete Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema IV Globalisasi Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 152 Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema IV globalisasi melalui penerapan model pembelajaran compelete sentence di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 152 Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 26 siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran compelete sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa diperoleh dengan rata-rata 63,08 dengan ketuntasan 38,46 atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran complete sentence pada siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 69,23 dengan ketuntasan 53,84 atau berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata 80 dengan ketuntasan 92,30 atau berada kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran compelete sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 152 Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi. . Kata Kunci: Compelete Sentence, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:10
Last Modified: 31 Jan 2022 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58951

Actions (login required)

View Item View Item