Hanan Yusuf Assadzaly, Hanan Yusuf Assadzaly (2021) Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Yayasan Al-Arif Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
|
Text
1-2-3-5 komplit pernyataan dll.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text
05. BAB IV HANNAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
Abstract
Hanan Yusuf Assadzaly (2020): Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Yayasan Al-Arif Kampar. Yayasan Al-Arif Kampar merupakan salah satu sarana pendidikan yang memegang peranan penting dalam menciptakan generasi bangsa yang cerdas. Oleh karena itu, madrasah dituntut untuk manajemen yang baik, agar tujuan pendidikan di Yayasan Al-Arif Kampar dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Yayasan Al-Arif Kampar. Penelitian ini dilakukan pada guru dan kepala sekolah di Yayasan Al-Arif Kampar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan daftar wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data, maka digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan proses pengumpulan dan alalisis data, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama, Perencanaan pendidikan karakter berbasis pesantren di Yayasan Al-Arif Kampar diawali dari perumusan visi, misi dan tujuan Yayasan Al-Arif Kampar, selanjutnya melalui langkah-langkah perencanaan, meliputi: (1) Menentukan nilai karakter yang akan diterapka di madrasah bersangkutan, (2) Merancang kurikulum karakter terintegratif dengan semua mata pelajaran yang ada di madrasah, (3) Merancang kondisi madrasah yang kondusif guna pelaksanaan pendidikan karakter, (4) Merancang ruang kelas yang kondusif bagi pelaksanaan pendidikan karakter, (5) Merancang lingkungan luar madrasah yang kondusif bagi pelaksanaan pendidikan karakter. Kedua, Pelaksanaan pendidika karakter berbsis pesantren, meliputi (1) model pengintregasian melalui pembelajaran, (2) model pengintregasian melalui pengembangan diri, (3) model pengintregasian melalui budaya madrasah Ketiga, Evaluasi pendidikan karakter berbasis pesantren melalui beberapa langkah-langka evaluasi yakni: (1) Mengembangkan indikator dari nilai-nilai yang ditetapkan atau disepakati, (2) Menyusun berbagai instrumen penilaian, (3) Melakukan pencatatan terhadap pencapaian indikator, (4) Melakukan analisis dan evaluasi, (4) Melakukan tindak lanjut . Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 04:12 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 04:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58938 |
Actions (login required)
View Item |