Ega Kuslia Sari, - (2022) KLASIFIKASI KOMENTAR INSTAGRAM TOKO ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2. LAPORAN SEMUA KECUALI BAB 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
1. Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan Instagram yang signifikan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sebagai platform periklanan seperti toko online Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Komentar masyarakat terhadap toko online mendeskripsikan tanggapan yang berbeda-beda. Opini tersebut akan dikelompokkan menjadi teks atau dokumen untuk mengategorikan dan menganalisis pendan�gan pengguna terhadap toko online. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) dan mendapatkan informasi sentimen terkait komentar Instagram toko online. Pembagian Data dibagi menggunakan K-Fold Cross Validation dengan 10 split. Nilai akurasi pada data Tokopedia yaitu 97,14%, kemudian data Shopee yaitu 95,17%, selanjutnya data Blibli yaitu 80,00%, sedangkan data Bukalapak yaitu 66,43%, dengan sentimen toko online tersebut bersifat netral. Kemudian sentimen pada data Lazada sebagian besar bersifat negatif dengan akurasi yaitu 77,60%. Kata yang sering muncul pada data Tokopedia yaitu “beli”, kemudian data Shopee yaitu “cek”, selanjutnya data Blibli yaitu “brand”, sedangkan data Bukalapak yaitu “gamers, dan pada data Lazada yaitu “barang”.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | 000 Karya Umum |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
| Depositing User: | fsains - |
| Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:23 |
| Last Modified: | 28 Jan 2022 07:23 |
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
