SYAHMINA ZUNIARTI ARITONANG, - (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK PADA MASA COVID-19 DI MTs FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SYAHMINA ZUNIARTI ARITONANG.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Syahmina Zuniarti Aritonang (2021) : Implementasi supervisi akademik pada masa covid-19 di MTs Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh supervisi akademik merupakan bentuk bantuan yang dilakukan kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran inilah yang kemudian menjadi sasaran utama dari kegiatan supervisi akademik, yang menjadi sasaran supervisi akademik adalah guru dalam proses pembelajaran, yang terdiri dari materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses pembelajaran dan hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : implementasi supervisi akademik pada masa covid-19 di MTs Fadhilah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Informan dalam penelitian ini ada 3 orang yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan tenaga pendidik. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah baik hanya lebih ditingkatkan lagi, (2) model supervisi yang digunakan oleh kepala sekolah supervisi klinis, (3) dalam mengadakan kunjungan kelas kepala sekolah memberikan evaluasi dan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru. (4) faktor pendukung supervisi akademik pada masa covid-19 tau tentang metode daring dengan begitu guru jadi tau menggunakan laptop, menyajikan dalam bentuk video maupun power point, namun faktor penghambatnya teknologi disekolah masih kurang memadai. Dalam mendisiplinkan tenaga pendidik masih ada yang lalai dalam bekerja, dan tidak bertanggung jawab atas pekerjaanya. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Model, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58746 |
Actions (login required)
View Item |