SERLY SURYANI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Serly Suryani (2021): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 16 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran dan guru yang masih memilih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian yang digunakan adalah the non-equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI jurusan IPS, sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rhitung > rtabel yaitu 1,669 < 4,785 > 2,380 pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yang menjelaskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 16 Pekanbaru. Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58361 |
Actions (login required)
View Item |