Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

WILDA ANGGUN PUTRI SUMBARI, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WILDA ANGGUN PUTRI SUMBARI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wilda Anggun Putri Sumbari, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Probing Prompting yang dapat hasil belajar siswa pada tema sumber energy di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 20 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran probing prompting dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tekhnik pengumpulan data data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan tekhnik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata siswa dalam hasil belajar hanya mencapai 46,90 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 68,40 atau tergolong cukup. Kemudian pada silus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 82,80 atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Sumber Energy di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:16
Last Modified: 24 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

View Item View Item