Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-MODULE BERBASIS STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

MUTMAINNAH, - (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-MODULE BERBASIS STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan penggunaan media yang tepat akan memberikan hasil yang optimal bagi pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah media pembelajaran emodule berbasis STM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran e-module berbasis STM dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-postest yang dilakukan di MA As-Salam Air Tiris. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian dengan pengolahan data menggunakan uji “t” dan N-Gain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat keefektifan media pembelajaran emodule berbasis STM (sains teknologi masyarakat) pada materi laju reaksi dapat dilihat dari hasil perhitungan uji N-gain yang diperoleh rata-rata selisih sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, dan dari hasil uji “t” menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajar e-module berbasis STM. Kata Kunci: Efektivitas, E-Module, STM, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:36
Last Modified: 19 Jan 2022 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57843

Actions (login required)

View Item View Item