Fetria, - (2021) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MEMBERI REINFORCEMENT DENGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA KECAMATAN BUKIT RATA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fetria (2021) : Hubungan Keterampilan Guru Memberi Reinforcement Dengan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru” Dalam meningkatkan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran, ada salah satu cara yang dapat diterapkan oleh pendidik yaitu dengan memberikan penguatan (reinforcement) yang tepat kepada siswa. Dengan memberikan penguatan, siswa merasa dihargai segala usaha dan juga prestasinya yang akan mendoorong siswa lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran. Saat ini sebagian besar pendidik kurang memperhatikan dalam mengambil suatu tindakan, karena sekecil apapun tindakan guru akan membawa dampak positif dan negatif kepada siswa. Dengan adanya penguatan secara verbal maupun non verbal dan dengan dilakukan dengan cara-cara yang tepat dan segera setelah muncul perilaku yang positif dari siswa maka pemberian penguatan akan meberikan sumbangan terhadap keaktifan siswa sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadapp keaktifan siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Subjek penelitian ini adalah Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan Siswa di SMP 2 Muhammadiyah Pekanbaru, SMP IT YLPI Perhentian Marpoyan, SMP IT Az-Zuhra Simpang Tiga,. Adapun objek penelitian ini adalah “Hubungan Keterampilan Guru Memberi Reinforcement Dengan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajara Siswa di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru”. . Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat hubungan signifikan Reinsformentdan Aktifitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, hal ini dari Uji F ANOVA menunjukkan Besar nilai F adalah 17.613 sedangkan besar signifikannya adalah 0,000. signifikan ANOVA 0,000 lebih kecil dari 0,05. Persamaan garis regresinya adalah Persamaan garis regresinya adalah: Y = 49.072 + 0,251 (X1) + 0,267 (X 2 ). Jika Reinsforment(X ) dan Aktifitas Belajar (X ) mengalami kenaikan 1%, maka Prestasi Belajar Siswa (Y) akan mengalami peningkatan. Kemudian sumbangan Reinsformentdan Aktifitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru sebesar 34,1% (dikategorikan rendah) sedangkan sisanya sebesar 65,9% dihubungani oleh variabel lain. 2 Kata kunci : Penguatan (reinforcement), Aktifitas Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:11 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57675 |
Actions (login required)
View Item |