KHAIRIATI, - (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE KECAMATANTAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS KHAIRIATI.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khairiati, (2021): Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini berdasarkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisa correlational. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebanyak 510 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yakni sebanyak 224 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang dianalisis menggunakan regresi berganda yaitu Y = a + b1X1+b2 X2.Hasil analisis menunjukkan nilai R2(koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0.568 atau 56,8%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan prestasi belajar siswa oleh perubahan nilai variabel pembelajaran metode mengajar guru dan kemandirian belajar adalah 56,8% sedangkan 43,2% ditentukan oleh perubahan faktor lain yang tidak ada dalam model. Nilai t hitung untuk variabel metode mengajar guru (X1) adalah 23.377 dengan sig 0.000 lebih kecil dari 0.05 ini berarti ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar. Nilai t hitung untuk variabel kemandirian belajar (X2) adalah 22.097 dengan sig 0.000 lebih kecil dari 0.05 ini berarti ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 07:27 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57207 |
Actions (login required)
View Item |