SUZITASARI, - (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 02 KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SUZITASARI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suzitasari, (2021): Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 02 Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini mengkaji tentang peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 02 Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa, 2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa, 3) peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, 4) faktor yang mendukung dan menghambat peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 02 Kubu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar pada masa pandemi Covid-19 dan objeknya adalah peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: 1) bentukbentuk kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 yaitu siswa kurang memahami pelajaran yang sifatnya menghitung seperti pelajaran matematika. 2) faktor penyebab kesulitan belajar yaitu siswa kurang terbuka/tidak membuka diri, malu untuk menceritakan permasalahannya serta kurang percaya diri. 3) peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sudah berperan sangat baik. 4) faktor pendukung dan penghambat peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu faktor pendukung berupa adanya kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan personil sekolah seperti kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran. Kemudian guru bimbingan konseling memberikan perhatian khusus kepada siswa dalam membimbing serta memotivasi siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga siswa tersebut termotivasi untuk merubah menuju yang lebih baik lagi. Adapun faktor penghambat peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa disebabkan oleh siswa itu sendiri yang masih enggan menceritakan permasalahannya kepada guru bimbingan konseling. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Konseling, Kesulitan Belajar Siswa, dan Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 02:41 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 02:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57154 |
Actions (login required)
View Item |